Minggu, 09 November 2008

NEW ETA Merobek-Robek Akal Sehat Tentang CINTA


www.rileks.com
BANDUNG bolehlah disebut kota penyumbang musisi atau band yang cukup produktif di industri musik Indonesia. Seabrek-abrek band baru [dan yang lama bermetamorfosis], bermunculan dari kota berjuluk 'Kota Kembang' ini.

Salah yang 'merayap' adalah pendatang baru bernama NEW ETA. Dari namanya, lafal Sunda sudah sangat terasa. Tapi bukan sekedar mengentalkan pilihan bermusiknya kalau mereka memilih pop sebagai pijakan. NEW ETA malah berani mengklaim pop adalah 'agama' musikal mereka.


Apa yang menjadi pilihan Riyo [vokal], Herman [gitar], Budi [bass] dan Offan [drum] tentu didasarkan pada pertimbangan realistis dan masuk akal. Pop adalah genre yang "nggak ada matinya" dan mudah diterima pada banyak kalangan. Pop juga menurut band yang bermarkas di Buah Batu ini memberi ruang yang luas kepada mereka untuk memperkenalkan diri kepada penikmat musik.

Di album perdananya, NEW ETA merilis '7 SUMPAH' sebagai titel album. Yah, meski bermain-main dengan sumpah, band ini tak serta merta berani bersumpah juga kalau mereka bakal telak-telak diterima industri. Tapi coba perhatikan single '7 Sumpah' itu. Meski temponya cenderung lambat, tapi mereka tak langsung membuatnya menukin mellow. Mereka memasang reffrain yang naik secara tempo. Lagu ini bermain-main dengan karakter vokal Riyo yang rendah dengan tambahan induksi gitar yang terdengar lebih british.

Permainan gitar dan vokal yang rada 'agresif' muncul di lagu 'Cantik Sendiri' di track 5. Tampaknya, olahan Krisna J. Sadrach membuat band Bandung ini kudu mau beradaptasi dengan sound rock, meski dijejal dengan lirik dan timbre vokal pop kental. Lagu ini, tak cukup berbeda meski terkesan ingin mencar dari pakem.

Mereka juga memasang string section pada lagu berjudul 'Hijau' di nomor urut 8. Looping yang mengawali vokal Riyo yang "mendehem" ditambah string dan akustik gitar, membuat lagi terdengar menyayat banget. Tapi, model lagu seperti ini banyak sekaleee. Jadi, untung-untungan saja kalau mau laris jadi RBT misalnya.

Nah, album pop NEW ETA ini ditutup dengan me-tal alias mellow total, yang menghiba akan cinta dan suara yang "merobek-robek" kesakralan cinta. Simak tembang 'Terlalu Sempurna' yang didengung-dengungkan bakal jadi hits selanjutnya. Ah, enak didengar memang, sambil 'leyeh-leyeh' di teras depan rumah, tapi percayalah, makin lama makin ngebosenin. Jadi maaf, mereka belum memberi pencerahan musikal pada 12 lagu yang ditawarkan. Sekedar 'nyelonong' dan nangkring di banyak chart, bisalah. [joko.moer/foto: trinity]

0 komentar:

Original desain by : x-template.blogspot.com.

Modified by :tekaha online